Inspiration for Action – Tujuh Tindakan Menuju Perubahan di Perusahaan Anda – Bagian1

Inspiration for Action - Tujuh Tindakan Menuju Perubahan di Perusahaan Anda – Bagian1

Telah lama menjadi pikiran saya, mengapa Dell yang notabene hanya sebuah perusahaan “perakit” komputer yang lebih kurang sama seperti di Glodok, bisa berkembang dan menjadi pemain yang serius di dunia komputer? Jawabannya adalah….

Radical Change Radical Results adalah sebuah judul buku yang dikarang oleh Kate Ludeman (bersama suaminya Eddie Erlandson), yang berprofesi sebagai konsultan Dell computer.

Tentunya, semua orang yang paham komputer, nama Dell sudah tidak asing lagi di telinga. Selain IBM, HP, Acer. Dell adalah perusahaan “perakit” komputer yang didirikan oleh Michael Dell sewaktu dia masih kuliah (tidak selesai) di garasinya. Dialah yang mempelopori penjualan langsung tanpa sales, cukup klik lewat internet, bayar dengan kartu kredit.

Ternyata model bisnis Dell yang sederhana, cepat, tidak bertele-tele cukup mampu bertahan alias tidak mati dengan menjamurnya bisnis komputer yang sangat kompetitif dalam harga di dunia Amerika sana. Malah Michael Dell sendiri menjadi salah satu orang terkaya versi Fortune yang di bawah 40 tahun.

Model bisnis Dell kurang berkembang di Asia, karena infra struktur Asia dan penyalahgunaan kartu kredit untuk berbelanja via internet merajarela.

Kultur perusahaan Dell
Telah lama menjadi pikiran saya, mengapa Dell yang nota bene hanya sebuah perusahaan “perakit” komputer yang lebih kurang sama seperti di Glodok, bisa berkembang dan menjadi pemain yang serius di dunia komputer?
Jawabannya karena ternyata mereka telah berhasil membangun suatu budaya/culture perusahaan yang bisa BELAJAR CEPAT, BERUBAH CEPAT untuk mengikuti perubahaan persaingan yang begitu ketat di pasaran.

Setelah berkecimpung di ActionCOACH saya semakin yakin bahwa suatu perusahaan hanya bisa berkembang dan melewati masa sulitnya BILA telah ditemukan dan dijalankan KULTUR/NILAI perusahaan tersebut secara konsisten.

Berikut adalah Tujuh Tindakan Menuju Perubahaan di Perusahaan Anda yang saya pelajari dari buku Radical Change Radical Results (tulisan yang diformat italic adalah komentar saya) :

1. Rasa ingin tahu: Belajar selama proses berjalan.
Kebersediaan kita untuk menurunkan sikap mempertahankan diri dan mengambil semua umpan balik/feed back menjadi perbedaan utama antara orang yang sukses dan yang tidak.

Banyak orang lebih memilih menjadi “yang benar” “yang menyenangkan” daripada yang sukses. Selama Anda terjebak dalam mempertahankan: Inilah CARA SAYA, peduli amat dengan feed back orang lain, Anda meningkatkan inertia diri maupun perusahaan. Dengan sikap ini dijamin Anda atau perusahaan Anda tidak akan dapat mengembangkan potensi yang masih ada di dalam diri Anda maupun perusahaann.

Begitu Anda terbuka secara jujur untuk menerima kenyataan dan belajar, maka Anda akan terkejut dengan masalah yang Anda hadapi yang ternyata selalu berubah dari waktu ke waktu.

Inilah yang di ActionCOACH disebut gejala I KNOW! Bila seorang I KNOWnya tinggi maka dengan sendiri tingkat kematangan jiwa seseorang maupun suatu organisasi rendah, sudah terlalu sering bila kita menghadapi suatu masalah kita langsung mempertahankan diri dengan mencari “kambing hitam” bahkan biarpun mengaku salah, tetap mengemukakan alasan yang berbelit-belit untuk mengakomodirnya (mencari pebenaran atas kesalahan). Alasan Yes – But (ya, tapi) tersebut sebenarnya sangatlah membuang energi kita, (working below the line!) lebih baik kita terbuka terima feed back, ambil hikmahnya dan BERUBAH, sehingga kesalahan yang pernah kita lakukan tidak terulang lagi.

bersambung….

– Coach Cahyadi –

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: