Setiap Bisnis yang Luar Biasa Memiliki Sistem

Berapa besar nilai dari sistem untuk mempekerjakan orang yang tepat ke setiap posisi pekerjaan, yang bisa membuat mereka dengan cepat menjalankan tugas-tugas penting dalam beberapa hari pertama, DAN sistem yang dapat melatih manajer Anda untuk melakukan hal ini dan bukan Anda?

Apakah Anda berusaha untuk mengembangkan bisnis Anda, tetapi tidak suka mendelegasikan tugas baru kepada karyawan Anda? Akan ada begitu banyak pekerjaan yang masuk ke Daftar Yang Harus Dikerjakan Anda sebelum Anda kehabisan waktu dan kesehatan.

Jika “bagaimana cara melakukan sesuatu” hanya ada di kepala Anda, maka Anda akan “melakukan segalanya serba sendirian” hingga selamanya. Jika setiap karyawan baru harus dilatih oleh Anda, pertumbuhan bisnis Anda dibatasi oleh jumlah jam Anda dalam mencoba mengingat kembali hal-hal yang dulu Anda ajarkan pada karyawan terakhir, ketika mereka mulai pertama kali dan selama bekerja. Dengan metode seperti ini Anda akan bekerja di dalam bisnis Anda, dan bukan pada bisnis Anda.

Apakah Anda pernah duduk di atas mainan jungkat-jungkit. Pagi-pagi buta, Anda pergi ke toko dan berharap tidak ada yang berhenti hari ini, termasuk orang yang benar-benar parah dan menyebabkan Anda kehilangan 5 transaksi minggu kemarin, tetapi ketika jam kerja sudah berakhir Anda berharap bisa memecat orang/orang-orang tersebut, yang telah membuat Anda kehilangan satu transaksi lagi hari ini, dan meskipun demikian keesokan harinya, Anda berharap tidak ada yang keluar karena Anda tidak memiliki waktu untuk memperkerjakan orang baru, apalagi melatihnya.

Seperti Charlie Brown berteriak: “Aaaaarrrrrrgggggghhhhh!”

Jadi, kuncinya adalah belajar untuk MEMBAGI untuk mengembangkan bisnis Anda. Kami menyebutnya DIVIDE  to MULTIPLY (memecah pekerjaan untuk memperbanyak hasil). Inti dari memecah untuk memperbanyak adalah mesnsistemasi bisnis Anda.

Pikirkan tentang semua aset dalam bisnis Anda sekarang: peralatan, piutang isaha, uang di  bank, perabotan dan komputer. Apakah ada hal-hal yang terdapat di dalam daftar aset ini, yang nilainya akan bertumbuh pada tahun depan? Bagaimana jika salah satu aset tersebut adalah Sistem Dokumentasi dan Monitoring? Berapa besar nilai dari sistem untuk mempekerjakan orang yang tepat ke setiap posisi pekerjaan, yang bisa membuat mereka dengan cepat menjalankan tugas-tugas penting dalam beberapa hari pertama, DAN sistem yang dapat melatih manajer Anda untuk melakukan hal ini dan bukan Anda? Berapakah nilai dari beberapa sistem tersebut?

Sekarang seandainya jika setiap sistem dalam bisnis Anda didokumentasikan DAN dipantau secara rutin? Ya, Anda akan memiliki bisnis dengan NILAI. Kami tahu Anda bisa memberikan nilai moneter dari karyawan yang menghilangkan 5 transaksi dalam seminggu (5  x  Rp dari setiap transaksi). Berapa banyak hal yang sangat penting nilainya? Nilai hubungan baik dengan keluarga Anda, kesehatan pribadi Anda dan emosional.

Bisnis yang  Luar Biasa memiliki sistem

– 0 –

Related Article(s) :

  1. Percaya Sistem atau Sistem Kepercayaan? Bagian 1
  2. Cara Perekrutan dan Penempatan Karyawan

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

—————————————————————————————————————–

Watch Business Inspirations : Berita Satu

  1. bagaimana cara nya bangun sistem oleh sendiri?

    • Bp.Agoes, terimakasih atas pertanyaan Anda. Pastinya kami tidak mungkin bisa menjelaskan semuanya disini. Tetapi setidaknya kami memberikan sedikit tips untuk Anda.

      1. Sekitar 80% dari bisnis Anda dapat disistemisasi, 20% sisanya dihumanisasi.
      2. Bisnis dijalankan oleh sistem, dan sistem dijalankan oleh tim, dan Anda memimpin tim.
      3. Libatkan tim Anda, dalam pembuatan, agar mereka tidak curiga bahwa ini hanya sekedar untuk cari2 kesalahan, sekaligus untuk menghemat waktu, tenaga, dan uang Anda. Plus kesehatan dan relasi Anda.
      4. Sistem didokumentasikan, jangan hanya disimpan kepala Anda. Agar tim Anda tahu dan bisa menjalankannya. Buat sistem secara sederhana, bahkan anak SD pun bisa menjalankannya. Jk tdk mudah, sistem tidak akan dijalankan, atau setidaknya tidak secara konsisten
      5. Lakukan Test and Measure dari sistem yang telah dibuat
      6. Sistem juga ikut berkembang seiring bisnis Anda berkembang
      7. Beberapa area penting untuk disistemisasi : People and Education, Delivery and Distribution, Testing and Measuring, Systems and Technology

      Jika Anda mau belajar sendiri, Anda bisa membaca buku Instat System oleh Brad Sugars, dalam bahasa Inggris.
      Untuk Video review (dlm bhs Inggris) bisa klik disini :
      Instat System
      Untuk membelinya, silahkan datang ke kantor kami, karena tidak dijual bebas. Alamat kami ada di bawah ini. Bila diklik, Anda bisa melihat peta lokasinya.
      The Bellezza Shooping Arcade GP Tower 15th floor,suite 1503. Jl. Arteri Panjang, Jakarta, Indonesia, 12210
      Ph : (021) 2567 5775
      Fax : (021) 2567 5779

      Jika Anda tertarik untuk dicoaching oleh seorang coach, untuk mengembangkan bisnis Anda. Silahkan hubungi kantor kami, Anda bisa berdiskusi sebelumnya dengan salah satu dari coach ActionCOACH South Jakarta.

      Kunjungi juga ActionCOACH South Jakarta Facebook Fan Page kami untuk mendapatkan tips-tips seputar bisnis

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: