Bagaimana Cara Mengahargai Tim Anda Agar Mereka Bekerja Lebih Baik

Imbalan yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik bisnis yang memiliki tim yang antusias dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis untuk Anda, akan jauh bisa lebih besar daripada biaya sesungguhnya yang ditanggung oleh perusahaan.

Ini adalah fakta, bahwa semua orang akan merasa senang, bila mereka dihargai atas  kerja mereka. Hal ini membuat mereka merasa nyaman terhadap dirinya. Di tempat kerja, telah ditemukan bahwa motivator utama kinerja karyawan adalah pengakuan dari pekerjaan yang dilakukan dengan baik,  dan orang lebih suka bekerja untuk atasan yang mengakui usaha mereka daripada yang hanya memberikan umpan balik ketika mereka telah melakukan sesuatu yang salah!

Reaksi pemilik bisnis mengenai hal ini mungkin mereka berkata, bahwa mereka tidak punya waktu atau tidak mampu untuk memberikan penghargaan kepada staf mereka yang telah melakukan berbagai pekerjaan mereka – dan lagipula, mereka telah dibayar untuk itu ! Tetapi imbalan yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik bisnis yang memiliki tim yang antusias dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis untuk Anda, akan jauh bisa lebih besar daripada biaya sesungguhnya yang ditanggung oleh perusahaan.

Dalam bukunya, “1001 Ways to Reward Employees”, Bob Nelson memberikan banyak ide skema reward yang digunakan oleh berbagai perusahaan untuk memotivasi dan me-reward staf mereka. Dan, seperti yang dikatakannya, uang bukanlah segalanya – Reward bisa saja tidak mahal atau bahkan gratis, namun demikian memiliki dampak yang besar.  Reward tersebut harus memiliki arti bagi si karyawan yang bersangkutan dan sistem harus dianggap adil dan tidak bias – memberikan reward kepada karyawan yang sama setiap kali akan memberi dampak yang kurang baik kepada karyawan lainnya.

Sistem penghargaan karyawan Anda bisa mulai dari yang sangat sederhana hingga ke yang lebih formal atau terstruktur – tergantung pada apa yang dapat dijalankan di bisnis Anda dan anggaran Anda.

Berikut adalah contoh yang sederhana tanpa biaya, yang dapat Anda implementasikan sekarang di bisnis Anda – cukup ucapkan terima kasih secara pribadi kepada karyawan Anda, karena telah melakukan pekerjaan dengan baik! Mengambil waktu untuk memberikan pujian yang tulus bisa sangat memotivasi staf Anda. Jelas hal ini akan kehilangan dampaknya jika dilakukan setiap hari, tapi menangkap hal-hal yang dilakuan orang dengan baik dan mengakuinya adalah cara yang baik untuk memulai.

Dengan alokasi anggaran kecil, Anda dapat mengimplementasikan suatu sistem reward yang lebih nyata untuk mendorong staf, dan ini bisa secara spontan, atau lebih terstruktur. Contoh dari reward dengan biaya rendah adalah Anda bisa menggunakan note  terima kasih, voucher, istirahat makan siang yang lebih lama, atau kue. Dengan mengetahui apa yang memotivasi orang, Anda dapat menerapkan sistem yang benar-benar akan membuat tim Anda merasa lebih dihargai.

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar, team event juga merupakan cara yang baik untuk membuat staf Anda merasa dihargai dan lebih saling bekerjasama. Ini bisa dengan membawa mereka keluar untuk makan siang sebagai ucapan terima kasih. Hanya ingat Anda tidak bisa menyenangkan semua orang setiap saat, maka cobalah lebih bervariasi dan jangan marah jika tidak semuanya datang!

Sesuatu yang kebanyakan orang hargai adalah waktu istirahat – memberi staf hari libur, atau mengijinkan mereka untuk meninggalkan pekerjaan satu jam lebih awal pada hari Jumat sore atau jika mereka telah menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum batas waktu yang ditetapkan adalah penghargaan yang besar dan sangat memotivasi, meskipun jelas ini akan ada implikasi bagi bisnis, yang perlu dikelola.Anda juga dapat menempatkan sebuah sistem yang sangat sistem yang lebih formal atas pengakuan dan penghargaan terkait dengan gaji, bonus dan promosi, tapi jelas ini akan lebih banyak pekerjaan, manajemen dan monitoring yang efektif dan juga akan lebih memiliki dampak terhadap finansial. Agar sistem tersebut efektif, maka sistem harus transparan dan adil kepada karyawan.

Menghubungkan gaji dan bonus untuk kinerja diperlukan definisi yang jelas tentang peran kerja pada tiap tingkat dan pembuatan KPI terhadap indikator apa yang akan digunakan untuk mengukur performa. Insentif keuangan bagi karyawan bisa seperti berikut ini:

  • Mengambil tanggung jawab lebih – promosi ke tingkat berikutnya, atau  tugas tambahan  telah dilakukan tanpa mengurangi kinerja terhadap perannya  yang ada sekarang
  • Lama bekerja di perusahaan  – menaikkan gaji atau tambahan hak cuti tahunan, berdasarkan sudah berapa lama ia di perusahaan, dan selama anggota staf tersebut setidaknya telah bekerja memenuhi standar.
  • Bonus sehubungan dengan kinerja – ini bisa menjadi suatu tantangan karena membutuhkan kejelasan yang lebih jauh dalam definisi, dan kepastian dalam pengukuran hingga bisa diterima sebagai ‘adil’ sehingga mendorong semangat semua staf. Bonus diberikan berdasarkan pencapaian atau melewati goal /KPI, baik secara individual atau tim, dan mereka telah bekerja sangat baik, dan Anda memiliki goal setiap kuartal dan prosedur penilaian.
  • Bayaran terkait dengan kinerja – seluruh tim mendapatkan benefit dari kinerja secara keseluruhan yang berada di atas target yang ditentukan(misalnya penjualan melebihi 100juta, atau profit lebih dari 30 juta)  Ini adalah pilihan lebih mudah dalam secara administratif dibandingkan  bonus secara individu, karena menghindari memberikan skor per individu.

Nah, sekarang kita sudah  memiliki beberapa ide untuk sistem penghargaan  yang akan membantu Anda untuk menarik, mempertahankan, dan memotivasi tim yang hebat, yang akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis Anda ke depan. Sistem yang Anda pilih dapat sebagai individu atau  sebagai bisnis. Tidak perlu biaya mahal dan dengan sedikit imajinasi, dapat memberikan banyak kesenangan di tempat kerja. Jadi, pastikan Anda menilai aset  terbaik Anda, staf Anda dan mengambil tindakan sekarang untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka!

– 0 –

Artikel-artikel yang terkait :

  1. Cara Perekrutan dan Penempatan Karyawan
  2. Tiga Alasan Anda Mendapat Pekerja yang Buruk – Dan Apa Yang Harus Dilakukan

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: