CARA SEDERHANA MEMECAT PELANGGAN

Cara Sederhana Memecat Pelanggan

Masih ingatDengan menggunakan hukum Pareto tentang 80/20 kita tahu bahwa 80% dari penjualan Anda terkonsentrasi pada 20% dari pelanggan Anda. Bagaimana Anda bisa tahu pelanggan mana yang harus dipecat?

ketika Anda masih di sekolah, Anda berusaha lebih keras untuk membuat  rapor Anda lebih baik? Anda ingin nilai-nilai yang merah menjadi biru, atau yang kurang memuaskan menjadi lebih mendekati angka 10. Apakah Anda menerapkan nilai rapor yang sama dalam bisnis Anda?  Saya mengusulkan agar Anda menerapkan hal yang sama seperti waktu Anda di sekolah kepada pelanggan Anda. Potong kerugian Anda, pecat pelanggan  Anda yang bernilai rendah dan gunakan waktu Anda untuk pelanggan kelas A dan B.

Kita semua tahu bahwa lebih sulit untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama, lalu bagaimana saya berkata sebaiknya Anda memecat pelanggan-pelanggan Anda? Pertanyaannya adalah pelanggan mana? Dengan menggunakan hukum Pareto tentang 80/20 kita tahu bahwa 80% dari penjualan Anda terkonsentrasi pada 20% dari pelanggan Anda. Bagaimana Anda bisa tahu pelanggan mana yang harus dipecat?

Sebuah contoh dari jenis pelanggan kelas A adalah yang membayar tagihan mereka tepat waktu,  menyenangkan untuk berurusan dengan mereka, mereka membayar harga Anda dengan  senang hati, dan mengirimkan teman-teman mereka untuk berbisnis dengan Anda serta selalu belanja kepada Anda dalam jumlah yang  wajar setiap tahunnya.

Pelanggan kelas B Anda mungkin  bukan gambaran  model pelanggan yang sempurna, namun mereka masih layak untuk dimiliki. Mereka mungkin masih sensi dengan harga, namun tetap membayar tepat waktu setiap saat.

Pelanggan kelas C Anda adalah tipe orang yang mengembalikan barang atau refund hanya karena mereka berubah pikiran, meminta diskon yang besar dan mereka selalu bisa dapat setiap waktu, tidak mau mendengarkan saran Anda, dan bisa juga memiliki faktur-faktur yang telah lewat tanggal jatuh tempo.

Pelanggan Kelas D adalah kelompok yang Anda harap tak pernah Anda miliki. Mereka menciptakan keributan di tempat usaha Anda. Mereka memperlakukan Anda dan tim Anda seperti sampah, selalu mengeluhkan harga Anda dan tidak pernah puas dengan produk atau jasa Anda. Pelanggan-pelanggan seperti ini selalu membayar terlambat dan menghabiskan waktu dan uang dalam hal penagihan pembayaran dan tagihan finansial lain.

Saya sarankan agar Anda berurusan dengan pelanggan yang memperlakukan Anda seperti  Anda ingin diperlakukan dan dihargai. Jangan sibuk dengan  pelanggan yang tidak membayar tagihan mereka, tidak memperlakukan Anda dengan baik, dan terus-menerus protes harga kepada Anda. Selain itu pelanggan pada umumnya akan merujukkan orang yang sejenis kepada Anda, dan itu adalah hal terakhir yang Anda inginkan terjadi.

Untuk berpindah dari pelanggan- pelanggan yang kurang diinginkan, buatlah mereka lebih sulit untuk melakukan bisnis dengan Anda. But struktur diskon yang solid yang hanya akan menguntungkan pelanggan terbaik Anda. Persingkat jangka waktu kredit atau meminta pembayaran lebih awal untuk pelanggan yang pembayarannya tergolong dalam kategori kronis, dan bekukan akun bagi mereka yang tidak melakukan pembayaran. Ubah bagaimana mereka dapat menghubungi Anda, mereka tidak lagi memiliki tenaga wakil layanan pelanggan khusus atau kontak email. Hemat tingkat pelayanan yang lebih tinggi untuk pelanggan yang Anda inginkan!

Anda akan menjadi lebih untung dan tim Anda sekarang bisa fokus pada margin yang lebih tinggi, ke pelanggan yang lebih baik.

Terakhir beritahukan pelanggan A dan B Anda, bahwa Anda sekarang dapat menyediakan waktu lebih banyak untuk mengurus kebutuhan mereka, lebih banyak waktu dan energi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan tentu saja, untuk meminta mereka untuk beberapa referal.

– 0 –

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: