APAKAH WORTEL DAN TONGKAT MEMOTIVASI ORANG?

Apakah Wortel dan Tongkat  Memotivasi Orang
Sebuah buku berjudul “Drive” yang ditulis oleh Daniel Pink mengatakan, “Itu tergantung.” Singkatnya, untuk tugas-tugas rutin dan bersifat mekanik, wortel dan tongkat memang memotivasi. Tapi untuk tugas-tugas yang lebih menantang, yang lebih memerlukan kreativitas dan gairah, motivasi hampir-hampir tidak bergantung pada reward dan punishment. Mungkin itu sebabnya analogi wortel dan tongkat biasanya menggunakan gambar keledai melekat padanya, dan bukan pada manusia.

Bahkan, buku ini mengemukakan bahwa wortel dan tongkat kontra produktif dalam menghasilkan result dalam berbagai tantangan-tantangan yang menantang pikiran. Berfokus pada reward dan punishment jangka pendek sebenarnya mempersempit pikiran, bukan melebarkannya untuk menciptakan solusi-solusi baru dan ide-ide.
Jadi jika wortel dan tongkat tidak memberikan efek dalam memotivasi orang untuk berkreasi dan mengambil tantangan –tantangan yang lebih besar, lalu apa?
Kejelasan Tujuan.

Meskipun terdengar lembek, studi menunjukkan bahwa orang-orang yang berani mengambil dan menghadapi tantangan, melakukan investasi lebih banyak waktu dan semangat ke proyek, dan bekerja lebih kreatif dalam tugas yang sulit jika mereka jelas pada kejelasan tujuan mereka. Mereka dapat menikmati proses, jika mereka melihatnya sebagai cara untuk “mengaktualisasikan diri”.
Dalam menjalankan bisnis Anda sendiri, seberapa banyak Anda menekankan kejelasan tujuan sebagai sebuah organisasi? Banyak pemilik sangat jelas pada angka-angka moneter dan persentase pertumbuhan, dan mereka mengangkat itu sebagai target untuk seluruh organisasi. Orang-orang termotivasi untuk sementara waktu, tetapi tanpa apa-apa lagi di luar itu, pemilik mulai melihat bahwa orang-orang mulai kehilangan semangat.Tidak ada rasa bangga dengan pekerjaannya, dan loyalitas tampaknya lebih dan lebih didasarkan pada uang dari pada semangat kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan.

Siapa yang bisa menyalahkan mereka? Lagipula, owner lebih jelas tentang jumlah daripada tujuan perusahaan. Biasanya topik “tujuan” bahkan tidak pernah diangkat. Jadi orang hidup dan bernapaskan angka-angka semata. Dan dari waktu ke waktu, jumlah menjadi tak lebih dari apapun dari sekedar uang di dompet saya. Dan itulah yang mereka gunakan sebagai patokan atas janji kesetiaan mereka kepada perusahaan Anda.

Di sisi lain, angka didukung dengan tujuan yang jelas memungkinkan orang tidak hanya untuk mencapai, tetapi juga memahami  MENGAPA mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Salah satu perusahaan pembersih rumah sakit terbesar di Amerika berpegang pada tujuan mereka, yaitu “untuk mencegah orang dari sakit.” Mereka melihat setiap anggota tim pembersih mereka dan setiap pekerjaan pembersihan rutin & membosankan, mereka lakukan sebagai jalan untuk mencapai tujuan mereka. Bahkan tujuan ini begitu ditekankan di organisasi, sehingga  jika Anda bertanya kepada salah satu tukang pembersih mereka untuk memberitahu Anda, hal yang sedang mereka kerjakan, mereka akan menjawab, “Saya mencegah orang menjadi sakit.” Wow! Tujuan yang luar biasa. Rasa bangga yang mengagumkan!

Ketika saya bekerja di sebuah perusahaan Pest Control sebagai spesialis turnaround bisnis, saya menyadari bahwa banyak masalah sehubungan dengan kualitas di lapangan yang disebabkan oleh fakta, bahwa orang-orang saya tidak melakukan pekerjaan mereka sepenuh hati.Mereka hanya melihat pekerjaan mereka sebagai rutinitas dan membosankan, hanya sekedar berjalan dengan sprayer besar dan barang-barang semprot.

Di suatu pertemuan di hari Sabtu, saya menarik keluar gambar kematian pasien Malaria, anak-anak dengan demam Dengue, dan orang yang menderita penyakit lainnya. Saya menjelaskan kepada mereka bahwa hidup ini singkat dan saya bertanya, mereka hendak dikenang seperti apa. Saya meminta mereka untuk melihat pada dampak dari pekerjaan baik mereka dan juga dampak dari pekerjaan mereka yang tidak begitu baik pada masyarakat yang telah mempercayai kami untuk mengurus masalah mereka. Saya percaya bahwa ini adalah salah satu alasan utama mengapa tim saya menjadi lebih peduli terhadap hasil pekerjaan mereka. Itulah salah satu alasan kualitas kami terangkat. Dan juga salah satu alasan mengapa kami mampu mengenakan biaya di atas harga pasar dan membalikkan P & L negatif kembali ke positif dalam waktu singkat.

Sebelum Anda mensolusikan masalah motivasi orang-oran Anda, apa yang telah Anda gunakan untuk memotivasi diri sendiri? Wortel & tongkat, atau rasa yang berakar pada tujuan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Kejelasan dimulai di bagian atas dengan pemilik bisnis. Hanya dengan demikian, maka Anda dapat memproyeksikan tujuan Anda ke bawah untuk menarik orang yang lebih baik untuk membantu Anda mencapainya.

– 0 –

Cynthia Wihardja

Cynthia Wihardja Busines Coach ActionCOACH

Dengan gaya berbicara yang melibatkan peserta, Coach Cynthia membuat ide-ide yang kompleks tampak sederhana dan relevan. Dengan pengalaman hidup dan kerja di AS, Singapura, dan Indonesia, ia menjembatani budaya Timur & Barat untuk membantu kliennya membangun tim yang lebih baik dan menyesuaikan strategi mereka untuk lingkungan lokal mereka.

Seorang NLP Master Practitioner, Coach Cynthia memahami sifat pemikiran manusia dan melatih pesertanya untuk memahami rumus sendiri untuk sukses. Misi pribadinya untuk menciptakan sukses untuk orang lain melalui team ActionCOACH dalam Business & Leadership Coaching

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: