Profit Breakeven

Profit Breakeven

Arus kas positif (lebih banyak uang masuk daripada keluar) sangat penting untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Penting sekali bagi Anda untuk memahami aliran uang masuk, lewat dan keluar dari bisnis Anda. Untuk beberapa bisnis, hal ini bahkan bisa menjadi urusan sehari-hari. Arus kas positif (lebih banyak uang masuk daripada keluar) sangat penting untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Jadi bagaimana kita menjaga lebih banyak uang masuk vs keluar? Tentunya, memiliki kontrol yang baik pada beban dan hutang sangat penting untuk mengendalikan pengeluaran. Timing sangat penting dalam mengelola kas. Memastikan Anda mengumpulkan piutang secara tepat waktu, menjamin uang masuk. Kunci lain dari masalah arus kas adalah menjaga level yang tepat dari inventory dan supply. Sekali lagi, Anggaran perputaran arus kas yang baik akan mencakup semua hal ini.

Setelah Anda berhasil memantau arus kas Anda, isu selanjutnya yang perlu dibahas adalah mengenai profitabilitas. Satu tempat yang bagus untuk mulai melihat profitabilitas adalah break even. Definisi break even adalah titik di dalam bisnis ketika laba kotor Anda menutupi semua biaya tetap Anda. Jika Anda melewati break even, maka Anda profit. Berikut adalah formulanya :

BREAK EVEN = BIAYA TETAP dibagi oleh MARGIN LABA KOTOR

Ini menjawab pertanyaan, seberapa banyak saya perlu menjual untuk membayar pengeluaran saya? Anda dapat menghitung break even selama satu tahun, atau triwulan, atau sebulan, atau bahkan seminggu. Mari kita pergi melalui contoh di sebuah usaha kecil selama satu tahun.

Mari kita gunakan sebuah contoh kedai kopi. Warung kopi ini hanya menjual kopi hitam! Kita akan membahas tentang pemasaran di artikel yang lain. Biaya untuk operasi toko ini adalah sewa bulanan (termasuk fasilitas)  $ 750/month, gaji sebesar $ 2.000 per bulan, dan biaya tetap lainnya sebesar $ 500 per bulan. Mereka juga menyadari bahwa biaya untuk kopi dan air adalah $ 0,10 per cangkir, dan mereka menjual secangkir kopi seharga $ 1,25. Kita memiliki semua yang kita butuhkan untuk menghitung break even.

BIAYA TETAP TAHUNAN = ($2000 + $750 + $500) x 12 = $39,000.

LABA KOTOR PER CANGKIR = $1.25 – $0.10 = $1.15

MARGIN LABA KOTOR = LABA KOTOR dibagi PENJUALAN KOTOR =

$1.15/$1.25 = 0.92 (92%).

BREAK EVEN SALES = BIAYA TETAP dibagi MARGIN LABA KOTOR =

$39,000/0.92 = $42,391.30

JUMLAH CANGKIR KOPI YANG HARUS DIJUAL UNTUK BREAK EVEN = $ 42,391.30 / $ 1,25 = 33.913 cangkir per tahun, atau 652 cangkir per minggu, atau 93 cangkir per hari (jika Anda buka 7 hari seminggu 52 minggu per tahun).

– 0 –

Kunjungi Facebook Business Page ActionCOACH South Jakarta untuk tips-tips singkat seputar bisnis

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: