10 TIPS RENCANA PEMASARAN

10 Tips Rencana Pemasaran

Pengusaha sejati mengetahui bahwa pemasaran sebenarnya bukanlah biaya, melainkan investasi.

Jika Anda bertanya kepada akuntan Anda, mereka akan berkata, bahwa marketing adalah biaya. Sebagian besar perusahaan menganggap marketing sebagai biaya, karena mereka terus-menerus mengeluarkan cek untuk kampanye pemasaran mereka, tanpa melihat hasil yang kembali.

Pengusaha sejati mengetahui bahwa pemasaran sebenarnya bukanlah biaya, melainkan investasi. Disebut investasi karena untuk setiap uang yang keluar, seharusnya lebih banyak lagi uang yang masuk ke dalam bisnis.

Lalu mengapa hal ini berlaku bagi beberapa bisnis dan tidak bagi yang lain? Di bawah ini adalah 10 tips tentang bagaimana mengubah mindset marketing Anda dari yang berkata BIAYA menjadi INVESTASI. Dengan mengikuti langkah-langkah dasar ini Anda akan mengubah cara pikir Anda tentang pemasaran selamanya.

  1. Luangkan waktu lebih banyak untuk menghasilkan pemasukan daripada sekedar mengurangi biaya.
    Saya tahu bahwa banyak bisnis yang menghabiskan seluruh waktu mereka hanya untuk mencoba mengurangi biaya agar hasil akhirnya ketemu. Ini memang merupakan aspek penting dari bisnis yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Namun, orang bijak pernah mengajari saya, bahwa jika Anda memotong biaya Anda hingga ke titik minimum untuk membuat bisnis Anda terus berjalan, kemungkinan ini hanya akan dapat menambah bottom line Anda 10-20%, tapi jika Anda berfokus pada peningkatan pemasukan, dampak ke bottom line Anda hampir tidak ada batasnya.
  2. Gunakan 50% dari waktu, usaha dan investasi Anda ke distribusi dan yang tidak kalah penting lagi adalah 50% lainnya ke penjualan dan pemasaran.
    Sebagian besar perusahaan menghabiskan sekitar 90% dari waktu mereka untuk memasukkan produk atau layanan mereka ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka, meninggalkan hanya 10% dari waktu mereka untuk penjualan dan pemasaran. Ini dikarena mereka bekerja di zona nyaman, sebab ini adalah keahlian mereka dan yang sangat mereka pahami. Untuk menghasilkan uang dalam bisnis apapun, fokuskan 50% dari waktu Anda untuk distribusi dan 50% sisanya pada penjualan dan pemasaran.
  3. Pemasaran merupakan investasi bila Anda mengukur dan menguji hasilnya.
    Ketika saya bertanya kepada pemilik bisnis apakah mereka tahu dari mana asal leads mereka, biasanya mereka menjawab, “Ya, kami bertanya kepada setiap pelanggan tentang darimana mereka mendengar tentang kami”. Saya kemudian merespon dengan mengatakan, “Itu bagus, dapatkah saya melihat datanya? ” Mereka kemudian memberitahu saya bahwa mereka hanya memiliki informasi itu di kepala mereka. Tidaklah mungkin untuk mengukur secara akurat informasi yang ada di kepala Anda. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang media apa, headline, dan penawaran yang bekerja Anda harus tidak hanya saja bertanya, “Bagaimana Anda mengetahui tentang kami? “, melainkan juga harus mencatat hasilnya.
  4. Membeli pelanggan adalah investasi maka tetapkanlah anggaran pemasaran Anda berdasarkan biaya akuisisi Anda.
    Ketika Anda mulai memahami bahwa pemasaran adalah tentang “membeli pelanggan” Anda mulai mengubah cara Anda melihat iklan dan pemasaran Anda. Jika Anda memahami biaya akuisisi pelanggan Anda, maka Anda dapat mulai membuat anggaran pemasaran yang tidak terbatas dan membeli pelanggan sebanyak yang Anda inginkan. Konsep ini sederhana, Anda habiskan $ 1000 pada iklan,dan Anda mendapatkan 50 panggilan telepon, maka Anda membayar $ 20 per leads. Sekarang jika Anda closing 20% atau 1 dari 5 leads, berarti Anda membayar $100 (5x $ 20) per penjualan. Sekarang, jika produk Anda terjual dengan harga $ 200, Anda baru saja mendapatkan $ 1000 (50 panggilan x 20% closing x $ 200 minus iklan $ 1.000). Satu-satunya pertanyaan yang tersisa adalah, apakah saya menghasilkan lebih banyak uang per pelanggan dibandingkan biaya akuisisi?
  5. Jangan mengejar market share, kejarlah wallet share.
    Dalam dunia bisnis saat ini, jika Anda adalah usaha kecil atau menengah dan Anda berfokus hanya pada pangsa pasar Anda hanya mengejar ekor Anda. Ketika Anda mengejar market share, ini berdasarkan pada asumsi bahwa Anda sedang membeli produk atau layanan dan kemudian memutarnya, dengan menjualnya kepada pelanggan Anda. Namun, jika pola pikir Anda sekarang adalah membeli pelanggan Anda, sekarang Anda berfokus pada berapa banyak $, berapa kali, dan untuk berapa lama Anda bisa menjual kembali kepada setiap pelanggan. Kita sedang bergerak dari fokus pada produk ke fokus pada pelanggan. Kuncinya di sini adalah loyalitas pelanggan. Selalu ingat, bahwa menjual kepada pelanggan lama lebih menguntungkan daripada ke pelanggan baru.
  6. Bangunlah pandangan jangka panjang dari nilai pelanggan Anda dan lifetime value mereka.
    Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa lebih menguntungkan menjual kepada pelanggan lama daripada yang baru. Berapa banyak $ yang pelanggan Anda rata-rata habiskan selama hidupnya? Dengan membentuk satu pandangan jangan panjang akan nilai pelanggan Anda, Anda dapat mulai menghargai betapa penting dan efek dari layanan pelanggan yang baik dan betapa besar biaya layanan pelanggan yang buruk bagi bisnis Anda.
  7. Selalu mengarah pada pengurangan biaya akuisisi Anda dan tingkatkan lifetime value pelanggan Anda.
    Jika kita kembali ke contoh kita di atas, biaya akuisisi kita adalah $ 100. Sekarang, jika produk kami dijual seharga $ 100 bukan $ 200, kita hanya akan break even. Keberhasilan kampanye harus berdasarkan nilai jangka panjang pelanggan. Jika rata-rata pelanggan kita membeli secara rata-rata 2x per bulan, berarti kita akan menghasilakn $ 200 per bulan dari klien ini. Tujuan kita sekarang adalah untuk terus mengukur dan menguji untuk mengurangi biaya akuisisi, baik dengan membuat promosi kita untuk menghasilkan lebih banyak leads atau dengan meningkatkan tingkat konversi kita dalam penjualan. Kedua, kita perlu menerapkan strategi untuk membuat pelanggan kita membeli lebih sering dari kita dan mempersingkat jarak waktu antara setiap pembelian.
  8. Kita berada pada Bisnis Laba.
    Anda harus menentukan harga jual yang benar untuk produk dan layanan Anda . Jika tidak, Anda akan menjual diri Anda ke dalam kebangkrutan. Selain itu, hentikan semua iklan yang tidak bekerja. Fokus pada mengurangi biaya akuisisi dari pengiklanan yang bekerja.
  9. Ukur dan test dan semuanya.
    Ini merupakan strategi sederhana namun paling sering diabaikan dalam bisnis. Secara gamblang, jika Anda tidak dapat mengukurnya Anda tidak dapat memperbaikinya.
  10. Marketing adalah Matematika!
    Dengan menggunakan rumus sederhana, yang kita bahas di atas Anda akan mengubah pemasaran Anda dari biaya menjadi investasi.

– 0 –

Mainkan video ini untuk lebih mengerti tentang biaya akuisisi & lifetime value pelanggan Anda dalam marketing.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: