KELUAR DARI PERANG HARGA

Keluar dari Perang Harga

Para pengusaha, secara realistis, kalau tidak ada yang membedakan Anda dengan pesaing Anda, sudah pasti perang harga akan timbul.

Dunia persaingan semakin ketat? Loyalitas pelanggan hanya tergantung pada harga? Ini adalah kepusingan banyak pengusaha sekarang. Pertanyaannya adalah, mengapa pelanggan harus memilih Anda daripada pesaing? Keunikan apa yang Anda tonjolkan, yang dapat membuat pelanggan Anda setia membeli, meskipun patokan harga Anda mungkin lebih mahal?
Biasanya pengusaha kalau ditanyakan tentang keunikan, jawabannya lebih sering dari segi produk. Masalahnya dengan cara berpikir itu, kalau orang lain punya produk yang sama, hebatnya Anda jadi ada dimana? Disinilah penyebab perang harga dimulai!!

Para pengusaha, secara realistis, kalau tidak ada yang membedakan Anda dengan pesaing Anda, sudah pasti perang harga akan timbul. Kalau Anda sendiri menjadi pelanggan, Anda pun tidak akan mau bayar lebih mahal bila tidak ada kelebihannya. Betul?

Jadi apa yang membuat bisnis Anda unik? Biasanya orang hanya melihat dari produk dan jasanya saja, tapi saya mengajak Anda berpikir lebih spesifik. Kenapa orang berani membeli barang lebih mahal di minimart daripada pergi ke supermarket? Tentunya dia melihat kemudahan dari lokasi yang lebih dekat dengan rumah. Kenyamanan adalah sesuatu yang bisa membuat bisnis Anda unik. Apakah lebih mudah untuk membeli dari Anda? Apakah bisa online? Proses pembelian lebih cepat? Burokrasi dipertipis?
Apa yang membuat Dominos Pizza berhasil? Kalau pizza tidak diantar dalam waktu 30 menit, pizza dijamin gratis. Pasti membuat orang penasaran untuk mencoba dong. Dan ternyata pada awalnya banyak yang digratis-in oleh Dominos sebagai cara membuat orang senang dan iseng. Tapi yang penting kita amati dalam strategi ini adanya sebuah jaminan yang membuat orang tertarik.

Apakah bisnis Anda juga ada jaminan? Jaminan uang kembali? Jaminan kualitas? Jaminan kepuasan? Jaminan servis? Di universitas saya dulu ada sebuah café di foodcourt yang menjamin kalau pelanggan tidak diberikan struk belanja, makanan kita gratis. Terus terang dulu saya penasaran kembali lagi karena iseng ingin mendapatkan seorang kasir yang ceroboh supaya saya bisa makan gratis. Dasar murid nggak punya duit! Sayangnya  sih itu tidak pernah terjadi. Namun cara ini membuat saya cukup sering datang kembali lagi karena iseng. Dan setiap kali saya datang terlihat antrian yang selalu ramai.

Bagaimana kalau Anda seorang distributor? Barang semua sama, tapi apakah Anda adalah specialis barang atau specialis jaringan? Keunikan anda sebagai distributor mungkin adalah network yang luas dan barang yang komplit supaya pelanggan tidak usah bingung kemana-mana…cukup berurusan dengan Anda saja.
Para pengusaha, masih banyak lagi aspek2x bisnis yang bisa membuat Anda unik di mata konsumen. Asal Anda mau menggalinya, kami siap membantu Anda. Hubungi ActionCOACH South Jakarta di 021 2567 5775. Jangan harap perang harga berhenti… berharaplah bisnis anda semakin unik.

Bila Anda saat ini sedang mengalami perang harga, mainkan video ini dan dapatkan tips bisnis dari Coach Cynthia :

– 0 –

Cynthia Wihardja Busines Coach ActionCOACH

Cynthia Wihardja Busines Coach ActionCOACH

With 17 years of international experience, Cynthia understands western and eastern mindset in her work with companies to integrate the two in a solid team. She started and owns the ActionCOACH business in Bellezza. her personal vision is to Create a World where People Contribute at their very BEST and that reaches to business and personal life. Her professional experience includes sales & marketing and a successful business turn around projects in Singapore & Indonesia. Cynthia is a Master NLP Practitioner and a CCF Certified Coach. She has been recognized and awarded in a Master NLP Practitioner and CCF Certified Coach. She has been recognized and awarded in the Action community and is ranked #63 in the Top 100 Coaches of the World.

 

Kunjungi Facebook Business Page ActionCOACH South Jakarta untuk tips-tips seputar bisnis.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: