DARIMANA DATANGNYA PROFIT ANDA

Dari Mana Datangnya Profit Anda

Angka terpenting di dalam bisnis adalah Net Profit, namun banyak Business Owners baru melihat angka ini setelah datang dari akuntan pada akhir dari tahun finansial, dan mereka bertanya-tanya bagaimana mereka bisa sampai ke angka itu. Salah satu kunci keberhasilan untuk menciptakan bisnis yang sukses adalah dengan selalu berfokus pada profit dalam bisnis Anda, khususnya dalam menganalisa dan memahami sumber-sumber penyumbang utama laba Anda.

Beberapa bisnis jarang menganalisa kemampuan net profit yang dihasilkan masing-masing produk dan jasa yang mereka tawarkan (ini mengacu pada net profit dan bukan pada produk bruto). Ketika klien melakukan latihan ini,mereka sering terheran dan ya, kadang-kadang juga ketakutan mengetahui asal laba, atau dalam beberapa kasus – bukan berasal dari mana. Tak bisa dipungkiri, bahwa akan ada produk-produk dan jasa yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan yang lain. Pencerahan Ini sering mengakibatkan perubahan yang signifikan dalam harga, strategi bisnis dan fokus pemasaran.

Sebagian besar dari kita mengetahui laba bersih yang dihasilkan bisnis kita setiap tahunnya, tetapi bagaimana kita bisa menghitung laba bersih yang kita peroleh dari masing-masing produk atau jasa yang berbeda. Nah untuk melakukan ini kita perlu menentukan proporsi biaya produksi dan overhead yang pantas untuk setiap produk atau layanan. Cara yang dipakai dapat bervariasi tergantung dari jenis bisnisnya, namun metode yang diuraikan di bawah ini adalah metode yang cukup sederhana, cocok dengan jasa dan bisnis manufaktur kebanyakan. Anda akan perlu mengulangi proses ini untuk setiap produk atau layanan.

1. Hitung gross profit – Dari harga jual Anda (sebelum pajak) kurangi dengan biaya produksi barang dan biaya yang dikenakan atas waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang dan jasa. Ini memerlukan estimasi jumlah waktu yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa dikalikan dengan rata-rata gaji pekerja.

2. Hitung biaya overhead – Kita perlu melakukan pengurangan dari jumlah yang mewakili jumlah yang pantas untuk meng-cover berbagai overhead bisnis. Untuk melakukan ini, bagi total biaya overhead tahunan dengan total jumlah jam produksi selama setahun. Ini akan menghasilkan sebuah angka, yang mewakili biaya overhead per jam. Kalikan ini dengan jumlah jam yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa (lihat tahap 1) lalu kurangi dari gross profit (yang dihitung pada tahap 1). Hasilnya adalah perkiraan net profit yang dihasilkan dari produk atau jasa.

3. Hitung Laba Bersih per Jam – Agar Anda dapat membandingkan setiap produk dan jasa, bagi keuntungan bersih dengan jumlah jam yang dibutuhkan untuk memproduksi atau mengantarkan dengan laba bersih per jam . Produk atau jasa dengan keuntungan bersih per jam tertinggi adalah yang terbaik.

Ada metode alternatif lain untuk menyesuaikan dengan perhitungan dan mungkin juga dibutuhkan untuk melakukan pendekataan yang sedikit berbeda tergantung dari tipe setiap bisnis.

Bisnis asalah permainan angka dan tidak ada angka yang lebih penting daripada mengetahui darimana asal profit Anda.

– 0 –

Kunjungi Facebook Business Page ActionCOACH South Jakarta untuk tips-tips singkat seputar bisnis.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: