MENYISTEMKAN BISNIS ANDA

Menyistemkan Bisnis Anda

Ingat :

  1. Sistem menjalankan bisnis Anda
  2. Orang menjalankan sistem-sistem Anda
  3. Anda memimpin orang-orang Anda

Ada 4 langkah dasar untuk melakukan sistemisasi

  1. Buatkan flowchart dari berbagai proses di bisnis Anda. Ini akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana segala sesuatu saling berhubungan.
  2. Dokumentasikan caranya proses-proses itu diselesaikan. Minta anggota tim yang saat ini sedang melakukan pekerjaan tersebut untuk menuliskan setiap langkah dalam melakukan sebuah tugas. Orang ini lalu meminta orang baru untuk melakukan langkah-langkah yang telah ditulis. Jika orang yang saat melakukan tugas tersebut harus membantu untuk menjelaskan kepada si orang baru, maka informasi itu ditambahkan ke dalam langkah-langkah tersebut, dan seterusnya. Setelah selesai mulai lagi dengan orang lain sampai Anda telah ditunjukkan bahwa setiap orang dapat melakukan tugas itu tanpa intervensi.
  3. Ukur hasil dengan menggunakan key performance indicators. Umumnya, KPI terdiri dari lima ukuran teratas untuk menunujukan performa sistem. Dapatkan ini dari orang yang melakukan pekerjaan yang bersangkutan. (misalnya pada penjualan Anda bisa menggunakan jumlah dari jumlah lead/prospek, rata-rata konversi, dan rata-rata penjualan Rp. dan lain-lain)
  4. Ijinkan sistem untuk berubah/bertumbuh seiring bisnis Anda berubah dan bertumbuh. Pastikan, bahwa sistem bisa self-correcting, sehingga memungkinkan sistem tersebut berkembang pada tahapan yang sama dengan bisnis Anda.

Ketika menentukan dari mana Anda harus mulai melakukan sistemasi, tanyakan diri Anda :

  1. Apa yang Anda lakukan sehari-hari, yang anggota tim yang dibayar lebih rendah dapat mengerjakannya, jika pekerjaan tersebut disistemasi.
  2. Sistemasikan itu, serahkan kepada anggota tim yang dibayar lebih rendah dan gunakan waktu Anda untuk aktifitas yang berlevel lebih tinggi – ingat goal Anda adalah untuk bekerja pada bisnis Anda (bukan di dalam bisnis Anda)
  3. Apakah ada sesuatu yang Anda benci lakukan, yang bisa dilakukan oleh orang yang dibayar lebih rendah jika disistemisasikan? Sistemisasikan itu dan serahkan.

Beberapa tips terakhir :

  1. Jangan terlalu membuat sulit sistem atau orang tidak akan mengikutinya.
  2. Gunakan banyak foto, video, kaset/CD, dll. Hal ini mungkin sesederhana seperti print dari komputer atau merekam seseorang melakukan sebuah tugas. Ini akan membuat sistem lebih mudah untuk diikuti.
  3. Dokumentasikan sistem Anda dalam kebijakan dan prosedur atau buku petunjuk operasi yang mudah untuk diakses. Dan pastikan bahwa setiap orang punya satu atau tahu tempatnya dimana! Dibutuhkan semua anggota tim Anda untuk secara periodik meninjau manual tersebut dengan tujuan untuk mengidentifikasi perubahan yang dibutuhkan secara tepat tepat waktu dan kualitatif.

– 0 –

Jika Anda membutuhkan bimbingan seorang COACH untuk mengembangkan bisnis Anda, membangun bisnis agar dapat berjalan autopilot, meningkatkan profit, membuat sistem, membangun tim, hubungilah 021 2567 5775. Sistem ActionCOACH telah teruji di berbagai negara dan di berbagai bidang usaha dan kami juga memberikan garansi untuk memberikan jaminan bagi Anda.

Kembangkan pengetahuan dan keahlian Anda dalam memajukan bisnis Anda melalui  seminar dan workshop kami. Klik disini untuk mengetahui event-event yang akan berlangsung.

Dapatkan tips-tips singkat seputar bisnis dengan mengunjungi dan klik “like”  pada facebook page kami di : http://www.facebook.com/actioncoachjaksel

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: