APAKAH ANDA MEMILIKI STRATEGI UNTUK MENUMBUHKAN BISNIS ANDA? ATAU HANYA KERJA KERAS DENGAN BERBAGAI TAKTIK DAN TRIK – BAGIAN 1

Apakah Anda Memiliki Strategi

...oleh sebab itu timbul paradigma bahwa bisinis tidak bisa ditinggal, karena perlu keputusan taktis yang hanya bisa diambil oleh sang pengusaha atau orang senior yang ”berpengalaman”. Bila Anda masih terjebak di pola pikir tersebut, maka Anda akan berputar terus dilingkaran work hard and harder…

Phase perkembangan business

Walaupun semua sekolah bisnis atau akademi mengajarkan untuk memulai suatu usaha, perlu diadakan rencana yang matang, yang seharusnya dituangkan dalam business plan yang apit, dilengkapi dengan contigensi plan yaitu kalau rencana A tidak jalan maka rencana B akan segera mengambil alih untuk diimplementasikan.

Tapi kebanyakan bisnis difase permulaan atau start up business, biasanya karena sang wiraswasta memiliki passion/gairah yang begitu kuat, dari peluang usaha yang dia temukan atau akan diciptakan, maka tanpa suatu perencanaan yang matang langsung saja terjun dalam memulai usaha tersebut. Pada tahun pertama dengan semangat yang tinggi, kerja keras tanpa memperhitungkan waktu dan usaha adalah normal, yang penting mencapai omzet yang bisa menutupi biaya operasional sehari-hari, bila operasionalnya benar maka hal itu bisa tercapai, nah kalau arahnyanya benar dan memiliki strategi, maka tahun ke dua mestinya usahanya cepat naik ke fase berikutnya. Tapi banyak juga usaha pada tahun ke dua dan selanjutnya tetap saja sama, harus kerja ekstra keras, dan begitu agak santai, omzet langsung turun, dan kelihatannya tidak ada jalan keluar selain harus perang harga dan tetap mengandalkan hubungan orang ”dalam” dimana perlu ongkos tambahan yang sulit dipertanggungjawabkan.

Bila Anda mengalami gejala tersebut, itu menandakan Anda masih berkutak-kutik di level taktik dengan mengandalkan trik bisnis, dan ini sangat tergantung kreativitas Anda dan tim Anda dalam menghadapi kegiatan sehari-hari oleh sebab itu timbul paradigma bahwa bisinis tidak bisa ditinggal, karena perlu keputusan taktis yang hanya bisa diambil oleh sang pengusaha atau orang senior yang ”berpengalaman”. Bila Anda masih terjebak di pola pikir tersebut, maka Anda akan berputar terus dilingkaran work hard and harder, biaya taktis yang dikeluarkan tidak bisa direncanakan dan cenderung makin tinggi, juga merasa tekanan harga adalah beban sehari-hari yang tidak terhindarkan.

Ke bagian 2 >

– 0 –

Jika Anda membutuhkan bimbingan seorang COACH untuk mengembangkan bisnis Anda, membangun bisnis agar dapat berjalan autopilot, meningkatkan profit, membuat sistem, membangun tim, hubungilah 021 2567 5775. Sistem ActionCOACH telah teruji di berbagai negara dan di berbagai bidang usaha dan kami juga memberikan garansi untuk memberikan jaminan bagi Anda.

Kembangkan pengetahuan dan keahlian Anda dalam memajukan bisnis Anda melalui  seminar dan workshop kami. Klik disiniuntuk mengetahui event-event yang akan berlangsung.

Dapatkan tips-tips singkat seputar bisnis dengan mengunjungi dan klik “like”  pada facebook page kami di :  http://www.facebook.com/actioncoachjaksel

Coach Cahyadi Kurniawan

Cahyadi Kurniawan Business Coach ActionCOACH

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: