APAKAH ANDA MEMILIKI STRATEGI UNTUK MENUMBUHKAN BISNIS ANDA? ATAU HANYA KERJA KERAS DENGAN BERBAGAI TAKTIK DAN TRIK – BAGIAN 2

Apakah Anda Memiliki Strategi

Menjalankan bisnis mengandalkan harga  saja, ibarat perang dengan mengerahkan pasukan yang berlebih-lebihan sehingga walaupun menang, korbannya tidak sepadan, alias untungnya tidak bisa menutup biaya yang dikeluarkannya.

< ke bagian 1

Strategi atau taktik?

Apa bedanya strategi atau taktik?

Strategi adalah perencanaan yang mendasar, dengan mengetahui kekuatan sendiri, kelemahan lawan, kondisi persiangan, dan momentum yang tepat, maka direncanakanlah langkah-langkah operasi yang tepat pula sehingga bisa mencapai apa yang di inginkan dengan baik.

Ilmu strategi, tidak bisa dipisahkan oleh pengaruh Seni Perangnya SUN TZU (SUN TZU, the art of war), tanpa strategi, tidak mungkin memenangkan suatu peperangan, maka persiapan seperinci mungkin, dengan manuver berbagai kemungkinan yang telah disimulasikan sebelum benar-benar terjun dalam lapangan perang, oleh sebab itu pelaksanaan strategi tersebut juga terus dilatihkan secara ketat dangan dipimpin oleh sang komandan.

Demikian juga dalam dunia bisnis, melakukan bisnis juga merupakan perang, apakah Anda sudah siap dengan strategi yang rinci? Menjalankan bisnis mengandalkan harga  saja, ibarat perang dengan mengerahkan pasukan yang berlebih-lebihan sehingga walaupun menang, korbannya tidak sepadan, alias untungnya tidak bisa menutup biaya yang dikeluarkannya.

Strategi selalu mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan, cara lawan bermanuver, dan merencanakan menghindar dari kekuatan lawan dan memusatkan kekuatan kita untuk ”menusuk” kelemahan lawan, oleh sebab itu kalau Anda menerapkan strategi yang baik, biasanya Anda akan ”menang” tanpa perang!

Contoh yang segar dalam ingatan, adalah bagaiaman China hanya dengan memperlambat export ”rare earth” ke Jepang, sengketa di kepulauan Spratly langsung rendah, dan Jepang tanpa bisa bermanuver lagi, langsung melepaskan kapten nelayan yang dianggap menerobos, territorial yang masih belum disepakati bersama.

Lain halnya dengan taktik atau di business dinamakan jurus jitu/trik business. Taktik memang tidak bisa dipelajari secara akademi, dan muncul berdasarkan kreativitas dan keahlian serta pengalaman di lapangan, sehingga bila perusahaan hanya mengandalkan taktik tanpa didukung oleh strategi yang matang, maka perusahaan tersebut terus harus bekerja keras dan mengandalkan orang yang itu-itu saja, dan sesuai hukum pasar, orang yang berpengalaman dan kreatif, susah dicari dan tentu harganya juga extra tinggi.

Bisnis berdasarkan hubungan khusus

Banyak bisnis dimulai bahkan berkembang karena ada hubungan khusus dengan segelintir orang saja tentu juga dengan biaya pembinaan hubungan yang khusus pula. Jenis usaha ini tidak akan tahan lama, karena semua hubungan itu mengandalkan hubungan manusia maka bila personil berganti, hubungan terputus, dan di zaman sekarang semakin banyak kegiatan rutin sudah disistemkan dan tekanan untuk menurunkan biaya semakin tinggi, akhirnya bisnis yang mengandalkan hubungan khusus personil tertentu tidak akan langgeng, karena praktis harga jual dengan mudah sekali bisa dibandingkan dengan taraf international, sehingga biaya tinggi akan cepat terpangkas habis.

Lalu, apakah strategi 3 tahun ke depan telah dipetakan dengan baik? Apakah semua ini karyawan Anda mengetahui strategi tersebut? Ataukah masih ”ditutup-tutupi” karena dianggap sebagai ”rahasia” perusahaan? Apakah tim Anda sudah di-training dengan baik untuk menjalankan strategi tahun ini? Dan apakah perusahaan Anda telah ada anggaran yang jelas dan jelas cara pencapaiannya? Bila jawabannya meragukan, saatnya Anda perlu secara serius memetakan srtategi usaha Anda, bila tidak Anda hanya bekerja keras dan lebih keras didalam lingkaran yang terus berputar putar, sementara waktu tetap berjalan dan persaiangan juga semakin ketat…

– 0 –

Jika Anda membutuhkan bimbingan seorang COACH untuk mengembangkan bisnis Anda, membangun bisnis agar dapat berjalan autopilot, meningkatkan profit, membuat sistem, membangun tim, hubungilah 021 2567 5775. Sistem ActionCOACH telah teruji di berbagai negara dan di berbagai bidang usaha dan kami juga memberikan garansi untuk memberikan jaminan bagi Anda.

Kembangkan pengetahuan dan keahlian Anda dalam memajukan bisnis Anda melalui  seminar dan workshop kami. Klik disiniuntuk mengetahui event-event yang akan berlangsung.

Dapatkan tips-tips singkat seputar bisnis dengan mengunjungi dan klik “like”  pada facebook page kami di :  http://www.facebook.com/actioncoachjaksel

 

Coach Cahyadi Kurniawan

Cahyadi Kurniawan Business Coach ActionCOACH

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: