DO YOU HAVE “BUSINESS COMPASS” OR JUST “FLYING” WITH INSTINCT?

DO YOU HAVE BUSINESS COMPAS OR JUST FLYING WITH INSTINCT

satu hal yang pasti, bahwa semua bisnis harus didasarkan pengetahuan mengenai tehknik pengelolaan keuangan yang baik.

Business berdasarkan instinct

Banyak pengusaha memulai usahanya hanya mengandalkan business instinct, yang konon tidak mungkin dipelajari, oleh sebab itu lebih banyak bisnis menghilang dalam kurun 3 tahun, dan yang masih berdiri meskipun tetap harus kerja keras, menjawabnya karena memang di ridhoi oleh HOKI yang melimpah. Oleh sebab itu banyak pengusaha yang lebih tertarik untuk berkonsultasi dengan para ahli Feng Shui, Prana, Chi, aliran energi dsb. Terlepas dari semua ilmu tradisional, satu hal yang pasti, bahwa semua bisnis harus didasarkan pengetahuan mengenai tehknik pengelolaan keuangan yang baik.

Berapa seringkah kita mendengar, usaha yang dirintis di ”makan” oleh sang karyawan atau teman? Bisnis yang beraset sangat besar, tiba-tiba terlilit hutang yang tak terbayarkan dan jatuh bangkrut? Bahkan lembaga keuangan yang sudah berusia ratusan tahun (Lehman Brothers, Enron dsb) ternyata keropos dan pailit secara mendadak?

Nah, itulah resiko yang paling besar, bila sang pengusaha masih mengandalkan business instinct dan rumor sebagai satu satunya pegangan untuk menjalankan usahanya

Pentingnya financial dashboard

Dari pengalaman coaching, > 90% dari client tidak memiliki laporan keuangan, yang ada bisa saja sudah kadarluarsa (> dari tgl 10 bulan berikut) ataupun, tidak bisa dibaca oleh sang pengambil keputusan, artinya laporan keuangan tersebut hanya untuk memenuhi syarat perpajakan dan kebutuhan rapat pemegang saham saja.

Sebenarnya 80% kegiatan bisnis sehari-hari adalah rutin, yang seharus sudah bisa dijalankan dengan sistem yang sudah baku, tinggal 20% sajalah yang merupakan kegiatan strategi yang secara garis besar sudah ditetapkan di awal tahun, selanjutnya urusan taktis dalam menjalankannya.

Oleh sebab itu Financial dashboard yang up to date adalah suatu keharusan bagi semua pemegang kendali usaha, sehingga mereka bisa secara jelas mengetahui keadaan perusahaannya sekarang, termasuk prediksi minimal 3 bulan ke depan atas kegiatan dan hasil perusahaan tersebut. Jadi sang pengusaha bisa mengadakan tindakan koreksi maupun perubahan strategi untuk menghadapi keadaan yang datang.

Financial Dashboard menyajikan 10 faktor urat nadi perusahan

Didalam dasar penyusunan financial dashboard, maka paramter kritis yang dilaporkan adalah:

1.      Revenue/Sales

2.      COGS/Harga Pokok Penjualan

3.      Margin dalam nialai maupun %

4.      Fixed Cost/Biaya Tepat operational

5.      EBITDA

6.      Nett Profit

7.      Tagihan dalam nilai dan hari

8.      Stock/Inventaris dalam nilai dan hari

9.      Utang dalam nilai dan hari

10.  Cash in Bank

Itulah ke 10 faktor yang minimal harus diketahui oleh sang pengusaha setiap tanggal 5, tentu boleh ditambahkan dengan rasio keuangan yang lebih canggih untuk mempertajam analisa dan semuanya dibandingkan dengan budget yang ditentukan sebelumnya, sehingga dapat diketahui secara persis posisi perusahaan saat itu dan apakah sudah sesuai dengan target yang dituju. Dengan mengetahui angka-angka tersebut, maka dengan cepat kita bisa menentukan prioritas apa yang akan diambil untuk kembali menyelaraskan operasional perusahaan, menuju target yang telah ditentukan.

Tanpa mengetahui dan mengerti financial dash board di atas, terus terang saja, perusahaan Anda nasibnya tidak jelas, sangat tergantung dengan kondisi makro/pasar dan ”belas kasihan” personil yang menjalankan perusahaan tersebut alias semoga tidak diselewengkan, dan bisa saja setiap saat terjebak dalam keadaan sulit, entah penurunan penjualan yang mendadak, tagihan macet, cash yang mengering dan semua hasil kerja keras itu bisa berakhir dengan kebangkrutan yang menyedihkan.

Nah, apakah perusahaan Anda sudah memiliki kebiasaan menyediakan laporan keuangan dan disimpulkan ke financial dashboard setiap tgl 5?  Dan sudah menggunakan indikator keuangan tersbut untuk mengambil keputusan selanjutnya? Atau masih enjoy dengan sang instinct dalam menjalankan usaha yang semakin ketat kompetisinya?

– 0 –

Alasan Anda bekerja sangat keras di bisnis, adalah karena bisnis Anda tidak bekerja sekeras Anda. Jika Anda membutuhkan bimbingan seorang COACH untuk membangun binis, yang komersil, yang menguntungkan, yang berjalan TANPA ANDA, hubungi :

021 2567 5775

Sistem ActionCOACH telah teruji di berbagai negara dan di berbagai bidang usaha dan kami juga memberikan garansi untuk memberikan jaminan bagi Anda.

Kembangkan pengetahuan dan keahlian Anda dalam memajukan bisnis Anda melalui  seminar dan workshop kami. Klik disiniuntuk mengetahui event-event yang akan berlangsung. Hidup jadi lebih mudah, bila Anda menjadi lebih baik

Ikuti kami di :

  1. Facebook fan page :  http://www.facebook.com/actioncoachjaksel
  2. Twitter :  http://twitter.com/actioncoachsj
  3. Youtube : http://www.youtube.com/user/actioncoachsj

 

Coach Cahyadi Kurniawan

Cahyadi Kurniawan Business Coach ActionCOACH

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: