Evaluasi Sukses Bisnis Anda Berdasarkan Profit, bukan Omzet

Evaluasi Bisnis Anda berdasarkan profit, bukan omzet
Evaluasi sukses dari bisnis Anda berdasarkan profit dan bukan omzet. Tidak ada gunanya berapa pun uang yang masuk setiap bulannya, jika pengeluaran Anda  sama tingginya, atau lebih rendah.
Anda bangun suatu hari dan menyadari, bahwa Anda harus mengetahui berapa banyak uang yang Anda hasilkan tahun lalu agar Anda bisa menyelesaikan urusan pengembalian pajak. Tetapi tunggu dulu, sebagai business owner, bukankah seharusnya Anda seharusnya sudah tahu berapa banyak uang yang Anda hasilkan tahun lalu, kuartal yang lalu dan bulan lalu?

Jika Anda tidak terus mengikuti berapa banyak uang yang Anda hasilkan, Anda tidak punya bayangan apakah bisnis Anda sukses atau tidak. Anda tidak bisa tahu seberapa baik marketing Anda bekerja. Dan saya tidak bilang sekedar total penjualan dan pendapatan kotor; Anda perlu tahu berapa gross dan net profit Anda. Jika Anda tidak tahu, maka tidak mungkin Anda dapat meningkatkannya.

Agar bisnis menjadi sukses, Anda perlu membuat rencana finansial dan membandingkannya dengan hasil di lapangan secara bulanan dan segera mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada.

Berikut adalah beberapa langkah yang seharusnya Anda ambil :

Buatlah rencana finansial untuk bisnis Anda. Perkirakan berapa banyak omzet yang Anda harapkan masuk setiap bulannya, dan perkirakan bereapa besar kemungkinan biayannya. Jika Anda membutuhkan bantuan, gunakan jasa seorang business coach, gunakan software perencanaan dan lakukakan apapun yang dibutuhkan, tetapi kembalilah dengan angka-angka.

Review kembali perencanaan Anda tiap bulannya. Banyak business owners mengambil waktu untuk menyiapkan rencana finansial dengan perkiraan profit dan kerugian, namun seringkali mereka membiarkannya terbengkalai di rak. Membuat rencana saja tidak cukup, Anda harus mereviewnya secara teratur.

Ingat profit yang hilang tidak bisa diperoleh kembali. Ibarat begitu Anda sudah membelanjakannya, maka hilanglah sudah selamanya! Ketika entrepreneur membandingkan perkiraan mereka dengan kenyataan dan mendapati perolehan mereka terlalu rendah atau biaya terlalu tinggi, mereka sering membuat kesimpulan, “Nanti gue tombokin.” Masalahnya Anda tidak bisa tombokin nanti; setiap bulan profit Anda terlalu rendah adalah bulan dimana profit itu hilang selamanya.

Buatlah penyesuaian segera. Jika pemasukan Anda terlalu rendah dari yang diharapkan, tingkatkan usaha Anda di sales dan marketing atau cara cara lain untuk meningkatkan harga Anda. Jika overhead cost terlalu tinggi, cari jalan untuk potong biaya. Ada bisnis-bisnis lain di sekeliling Anda yang serupa. Apa rahasia mereka beroperasi dengan menguntungkan.

Pikirkan baik-baik sebelum Anda mengeluarkan uang. Ketika memperhitungkan pengeluaran bisnis yang baru, termasuk aktivitas marketing dan sales, evaluasi peningkatan pendapatan yang Anda harapkan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan sebelum Anda melanjutkan dengan pembelian. Selalu lakukan analisa break event kampanye marketing. Anda dapat meningkatkan keuntungan Anda cukup dengan menunda biaya ke bulan berikut, kuartal selanjutnya, atau tahun depan.

Jangan takut mempekerjakan orang. Retailer atau para pemilik restoran tidak mungkin beroperasi tanpa pegawai, tetapi banyak bisnis yang membatasi dirinya dengan kekurangan staff. Hampir di setiap bisnis dapat memperoleh benefit dengan memperkerjakan (atau mengontrak) bantuan. Para business owner dapat hampir selalu menggunakan talenta mereka untuk menghasilkan pendapatan dari mencatat pesanan dan mengarsip.

Gajilah diri Anda. Jika Anda belum melakukannya alokasikanlah sejumlah angka untuk diri Anda setiap bulannya. Setiap bulan Anda memenuhi goal profit bisnis Anda, bayarlah penuh diri Anda. Jika goal tidak tercapai, tahan pembayaran Anda dan setelah ANda melewatinya bayarkanlah diri Anda bonus. Muenulis cek kepada diri Anda  setiap bulan akan memberikan insentif yang kuat untuk tetap menjaga bisnis Anda tetap menguntungkan.

Evaluasi sukses dari bisnis Anda berdasarkan profit dan bukan omzet. Tidak ada gunanya berapa pun uang yang masuk setiap bulannya, jika pengeluaran Anda  sama tingginya, atau lebih rendah. Banyak bisnis berpendapatan tinggi menjadi bangkrut karena alasan ini. Janganlah menjadi salah satu dari mereka.

Intinya adalah : review bottom line Anda dan laporan keuangan secara teratur untuk menjamin apa yang telah berjalan untuk mencapai tingkat mastery.

– 0 –

Artikel-artikel yang terkait :

1. Analisa Titik Impas

—————————————————————————————————————–

Butuh Terobosan dalam Bisnis Anda?
Ikuti : Event Edukasi untuk Mempercepat Laju Pertumbuhan Bisnis Anda

—————————————————————————————————————–

Anda mengalami tantangan di bisnis?
Ikuti Twitter Business Clinic @Coachcyn setiap Senin 12.00-13:00 WIB
Ajukan tantangan Anda di bisnis Coach Cynthia akan mengcoach Anda.

Anda hanya perlu BERTANYA :)

—————————————————————————————————————–

Ikuti kami di : Twitter | Facebook | Youtube

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: