Mengapa Sulit Menjual Waralaba Kami?

Selama enam tahun terakhir ini istri saya dan saya telah menikmati penghasilan yang jauh di atas yang kami bisa diterima bila bekerja untuk orang lain. Pelanggan kami senang dengan apa yang kami lakukan. Kami telah menulis sebuah perjanjian waralaba yang kami pikir sebagai sebuah sukses  (bagi franchisee) sebagaimana bisnis kami.

Waralaba kami memiliki semua keuntungan yang dapat dimiliki investasi real estate. Kami tahu bahwa bisnis kami bisa berhasil diduplikasi oleh orang lain karena sekarang kami memiliki tiga orang di berbagai bagian negara yang menjalankan usaha yang sama berhasilnya, berdasarkan model kami dan menggunakan produk dan sistem kami.

Masalahnya adalah bahwa kami tampaknya tidak bisa menjual sebuah waralaba. Kami telah menghabiskan sepuluh ribu dolar agar sebuah perusahaan pemasaran mempersiapkan kampanye bagi kami, tapi dari pandangan saya sekarang, kami akan punya nilai yang lebih baik untuk uang itu, jika kami buat pesta sepuluh ribu dolar saja.

Kami tidak punya dana tak terbatas untuk melakukan ini dan andaipun ada tidak akan ada gunanya kami berada dalam usaha untuk menghasilkan uang tapi tidak menggunakan uang itu. Kami akan senang saja memiliki partner yang mengambil alih pemasaran dan penjualan di bawah semacam perjanjian, atau kami akan coba terus berusaha sendiri, tetapi di mana kami bisa menemukan kampanye yang kami tahu akan berhasil sebelum kami harus membuang lebih banyak uang kesana?

Yang membuat frustasi adalah bahwa kami mengetahui peluang pasar yang besar, dan kami siap dan bersedia berbagi dengan orang lain berdasarkan perjanjian yang menguntungkan bagi kami, menguntungkan bagi mereka dan menguntungkan bagi pelanggan tapi tak seorang pun tampaknya ingin tahu. Apakah sukses sudah bukan zaman lagi?

Brad Sugars answers

Hanya karena Anda berpikir bahwa sebuah model bisnis tertentu akan menghasilkan waralaba yang hebat, tidak berarti akan menjadikannya seperti itu … dan ketidakmampuan Anda untuk menjual konsep Anda sebagai waralaba berarti Anda harus kembali beberapa langkah dan kembali mengevaluasi model bisnis Anda .

Pertama, ketahui bahwa unit waralaba individual diuji dalam berbagai pasar dan wilayah geografis yang berbeda, sebelum mereka maju secara nasional atau internasional. Dan itu didasarkan pada pengetahuan awal yang banyak, penelitian dan informasi tentang pasar yang perlu dilayani.

Anda juga bisa mendapatkan informasi yang baik dari apa yang sudah bekerja. Apa yang bekerja untuk tiga orang yang menggunakan sistem anda? Apakah Anda memiliki testimonial mereka? Apakah mereka menggunakan produk dan sistem Anda secara eksklusif atau menggunakan milik mereka sendiri di bawah bendera Anda?

Juga, apa yang tidak bekerja dari sistem Anda berdasarkan umpan balik dari orang yang tidak membeli?

Cari tahu apa yang bekerja dari tiga orang yang menggunakan sistem Anda, dan pendekatan yang lebih baik mungkin cukup menjual produk dan sistem dalam praktik bisnis “turn-key” dibandingkan bisnis waralaba skala penuh.

Ketahuilah bahwa yang disebut dengan waralaba  jasa profesional dan “kerah putih”, sulit untuk diangkat karena anda tidak memiliki “batu bata dan semen” dan Anda hampir tak memiliki “produk” untuk dijual. Anda menjual yang “tak terlihat” – bahkan jika itu adalah “relasi” – sebagaimana kecenderungan real estate (seperti juga business coaching).

Salam

Brad Sugars

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: