7 Anak Tangga dalam Tangga Kesetiaan Pelanggan

7 Anak Tangga dalam Tangga Kesetiaan Pelanggan

Tujuan dari Marketing di dalam bisnis adalah untuk mengurangi Acquisition Cost dan meningkatkan Lifetime Value. Kita akan membahas tentang Acquisition Cost pada diskusi selanjutnya dan sekarang berfokus pada cara untuk membangun Lifetime Value pelanggan Anda.
Ada dua aspek untuk meningkatkan nilai dari marketing Anda, yang nantinya akan menghasilkan profit bagi bisnis. Apakah dua sisi dari marketing ini? Secara singkat, mereka adalah Acquisition Cost dan Lifetime Value. 

Tujuan dari Marketing di dalam bisnis adalah untuk mengurangi Acquisition Cost dan meningkatkan Lifetime Value. Kita akan membahas tentang Acquisition Cost pada diskusi selanjutnya dan sekarang berfokus pada cara untuk membangun Lifetime Value pelanggan Anda.

Berdasarkan pengetahuan, bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru itu 6x lebih mahal dibandingkan menjual produk dan jasa pada pelanggan yang sudah ada. ActionCOACH telah menciptakan sebuah sistem untuk membangun kesetiaan pelanggan. Konsep yang dibahas di dalam buku. “Instant Repeat Business,” adalah menciptakan lifetime value menggunakan Tangga Kesetiaan :

Raving Fan

Advocate

Member

Customer

Shopper

Prospect

Suspect

Konsepnya adalah mengkategorikan setiap nama dalam database prospek dan pelanggan ke dalam level-level ini berdasarkan kesetiaan mereka pada bisnis Anda.

Anda mulai dengan SUSPECTS adalah orang-orang yang sesuai dengan definisi target market Anda.  Setiap nama yang Anda dapatkan melalui usaha merketing yang sesuai dengan kriteria, berada pada level SUSPECT

Sekali seorang SUSPECT tertarik dengan produk atau jasa dan menanyakan informasi mengenainya, maka dia naik ke level PROSPECT.

Berikut, seorang SHOPPER adalah seseorang yang membeli satu kali dari Anda, tetapi belum pasti, apakah selanjutnya dia akan berbisnis dengan Anda lagi.

Jika orang itu membeli dari sekali , maka SHOPPER itu menjadi CUSTOMER.

Setelah CUSTOMER menjadi pembeli konsisten dari produk dan jasa Anda, anda dapat mulai menawarkan insentif dan hak istimewa kepada mereka agar mereka dapat menjadi MEMBERS, dan mereka tidak lagi melihat ke lain tempat untuk melihat produk dan jasa yang sejenis.

MEMBERS melakukan bisnis dengan Anda karena hubungan dan kepercayaan yang telah Anda kembangkan.

Seorang ADVOCATE adalah seorang MEMBERS yang mulai menjual untuk Anda melalui testimonial dan referral.

Seorang ADVOCATE menjadi seorang RAVING FAN ketika dia tidak dapat berhenti menjual untuk Anda. Setiap kali seorang RAVING FAN berada di sebuah komunitas dia akan mempromosikan Anda ke setiap orang tentang betapa bagusnya Anda.

Sekarang adalah beberapa pertanyaan penting : seberapa banyak RAVING FANS yang anda miliki di database pelanggan Anda? Apa yang akan terjadi kepada bisnis Anda jika Anda menggerakkan semua orang di database naik satu level.

Profit yang luar biasa tidak terjadi dengan membawa lebih banyak SUSPECT dan PROSPECT ke database Anda, tetapi lebih ke memindahkan MEMBERS menjadi ADVOCATES lalu kemudian menjadi RAVING FANS.

Profit yang luar biasa terjadi pada level RAVING FAN. Sebagai tugas, pergilah ke database prospek dan pelanggan Anda untuk menentukan seberapa banyak bisnis yang anda miliki di setiap level. Anda akan menciptakan dunia penuh kesempatan sekali Anda mulai mengimplementasikan strategi-strategi untuk setiap level pada Tangga Kesetiaan.

– 0 –

Artikel-artikel yang terkait :

  1. Berapa Banyak Lagi Anda Bersedia Kehilangan Pelanggan?
  2. 5 Fakta Penting Tentang Pelanggan

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: