Bagaimana Mengatur Karyawan Super?

Bagaimana Mengatur Karyawan Super

“Karyawan super selain dapat memberikan dampak positif, mereka  dapat juga memberikan dampak negatif bagi perusahaan. Sebab mereka seringkali sombong dan penuntut. Mereka bermain dengan aturan main mereka sendiri dan menyebabkan kebencian di antara anggota tim. “

Karyawan super adalah karyawan berperfoma tinggi, yang bekerja secara konsisten melebihi ekspektasi dan secara rata-rata memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan perusahaan. Kombinasi dari bakat, kemampuan, antusiasme, gairah, semangat, kecakapan dan ambisi, karyawan super dapat memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi perusahaan. Namun demikian, kelebihan ini juga dapat mengarah ke pergolakan dan konflik di dalam organisasi.

Karyawan super dapat juga memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan. Sebab mereka seringkali sombong dan penuntut. Mereka bermain dengan aturan main mereka sendiri dan menyebabkan kebencian di antara anggota tim. Cara mereka bekerja juga dapat berpengaruh buruk bagi manajer yang stress karena menjadi sulit mengarahkan tim mencapai gol.

Pekerja seperti ini bukan pekerja tim. Mereka sangat serius dan berorientasi pada pekerjaan mereka, tidak mau melakukan hal lain yang tidak secara langsung berhubungan dengan kepentingan mereka. Walaupun level dari kontribusi dan kemampuan mereka tinggi, namun kurangnya rasa tertarik dengan aktivitas tim dan kurangnya komunikasi dapat memberikan dampak yang merugikan perusahaan.

Untuk mengubah karyawan super menjadi pemain tim, penting sekali untuk melibatkan mereka dalam peran kepemimpinan – agar mereka dapat memimpin tim. Meskipun pekerja semacam ini tidak selalu mencari peran sebagai pemimpin, akan tetapi sebagai orang yang berorientasi pada gol, mereka akan melihat posisi ini sebagai sebuah cara yang lebih efisien untuk mencapai itu. Komitmen mereka juga dapat mengantar anggota tim menuju sukses.

Sebaiknya Anda membangun struktur lingkungan yang kondusif di sekeliling seorang berprestasi tinggi seperti ini. Buatlah berbagai proses yang mudah, dan berbagai sumber yang dapat dimanfaatkan sehingga orang-orang seperti ini akan mendapat dukungan tim. Dengan menyediakan tujuan dan dana, deadline, dan staf untuk mencapai gol, akan memastikan karyawan super mencapai hasil yang diharapkan.

– 0 –

Artikel-artikel yang terkait :

  1. Bagaimana CaraMengahargai Tim Anda Agar Mereka Bekerja Lebih Baik
  2. Cara Perekrutan dan Penempatan Karyawan
  3. Tiga Alasan Anda Mendapat Pekerja yang Buruk – Dan Apa Yang Harus Dilakukan

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

—————————————————————————————————————–

ActionCOACH South Jakarta Next Seminar : How to Systemize Your Business

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: