Cara Mengurangi Klien yang Mengurangi Profit Anda

Cara Mengurangi Klien yang Mengurangi Profit Anda

Seringkali bisnis jauh dari apa yang bisa dikatakan menguntungkan, dan kantor bukan lagi tempat yang menyenangkan untuk bekerja.

Masalahnya terletak pada kesalahpahaman bahwa membangun bisnis hanyalah tentang mendapatkan lebih banyak prospek. Kenyataannya membangun bisnis adalah lebih tentang kualitas dibandingkan sekedar kuantitas.

Anda bisa mendapatkan klien berkualitas dengan 4 cara :

Langkah Satu: Pilah klien Anda , Anda tentu memiliki klien yang membuat Anda “gila”. Bayar selalu terlambat, selalu mengeluh, protes tentang faktur dan harga, menunggu sampai menit-menit terakhir untuk memberikan dokumen penting, menuntut yang tidak-tidak, memiliki tingkat  kebersihan yang meragukan… dan seterusnya.

Langkah pertama adalah definisikan klien Anda ke dalam 4 kelas A, B, C & D. Cara mendefinisikannya terserah Anda. Sebagai contoh Anda bisa saja mengatakan klien kelas  ‘A’ adalah mereka yang selalu membayar sebulan terlambat tapi tidak pernah mempertanyakan harga (kelas A adalah klien yang terbaik)

Langkah Dua: Kirim semua klien kelas ‘A’ dan ‘B’ surat yang mengatakan, bahwa Anda menghargai upaya mereka dalam membangun hubungan, bahwa Anda senang bekerja bersama mereka dan akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mereka. Kemudian kirim klien kelas ‘C’ dan ‘D’ surat menunjukkan bahwa mungkin sudah saatnya untuk suatu ‘pendekatan baru’.

Nyatakan komitmen Anda pada pelayanan dan jelaskan pentingnya kerjasama dan partisipasi mereka dalam hubungan ini. Jika tidak ada perubahan setelah beberapa kontak lebih lanjut,  rujuk mereka ke pesaing Anda. Bekerja untuk klien-klien ini merupakan “biaya”.

Anda cari makan dengan memperhitungkan angka-angka…jika Anda menghasilkan keuntungan yang kecil dengan bekerja dengan klien yang selalu protes, mengeluh, dan menghabiskan beberapa jam lagi dari waktu Anda dan anggota staf Anda, Anda akan lebih baik tanpa mereka. Paling sedikit mereka akan meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan serangan jantung atau penyakit stres lainnya.

Langkah Tiga: Setelah klien kelas ‘C’ dan kelas ‘D’  Anda membawa bisnis mereka ke pesaing Anda dan membuat mereka “gila”, Waktu Anda dapat digunakan untuk pemasaran; menarik klien yang ingin bekerja untuk Anda dan Anda ingin untuk mereka.

Alternatif lainnya Anda bisa mengurus sistemisasi untuk meningkatkan produktivitas di tempat Anda. Anda bahkan bisa pulang lebih awal dan menghabiskan waktu ekstra bersama keluarga atau melakukan hobi atau passion Anda.

Langkah Empat : Pertahankan sistem Anda agar Anda terjaga dari klien C & D … Pastikan bahwa klien baru Anda teredukasi pada kenyataan bahwa level pelayanan Anda yang unik dan luar biasa untuk klien, dimungkinkan karena klien Anda berkomitmen untuk berpartisipasi dalam hubungan dan terdefinisikan apa yang Anda harapkan dari mereka.

Ini merupakan strategi penting untuk memberikan ANDA kontrol bisnis Anda, meningkatkan keuntungan dan yang paling penting, mengurangi tingkat stres Anda dan tim Anda.

– 0 –

Related Article(s) :

  1. 7 Anak Tangga dalam Tangga Kesetiaan Pelanggan
  2. Analisa Titik Impas

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

—————————————————————————————————————–

Watch Business Inspirations : Berita Satu

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: