Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Tingkat pengaruh seorang pemimpin ditentukan oleh 3 hal:

  1. Berapa besar perubahan yang dibuatnya.
  2. Berapa luas pengaruh perubahan tersebut dimasyarakat.
  3. Berapa lama perubahan tersebut bisa  terjaga. 

Kalau kita mengamati pemimpin-pemimpin dalam sejarah kita yang dianggap cukup luar biasa, seperti pemimpin spiritual Nabi Muhamad, Yesus, Buddha… atau pemimpin negara/politis Mahatma Gandhi, Bung Karno, Martin Luther King Jr dsb… biasanya mereka telah membuat sebuah perubahan yang cukup besar, yang luas pengaruhnya biasanya melewati lingkungan mereka sendiri, dan pengaruh mereka terasa hingga sekarang biarpun orangnya mungkin sudah tiada lagi.

Jadi apa yang membuat seseorang memiliki daya pengaruh yang besar? Menurut John C Maxwell, ada lima level kepemimpinan :

Level pertama, ada orang yang dihormati sebagai pemimpin hanya karena posisinya, title yang besar, kartu nama yang keren. Ini level pertama karena ini biasanya langkah awal dimana seseorang masuk ke posisi pemimpin. Di level ini, dia diikuti dan dihormati karena orang lain melihat posisinya dan merasa harus mengikutinya. Sebenarnya dia belum memenangkan apa-apa dari pengikutnya. Bahayanya kalau diam di level ini, pengikutnya cendrung kehilangan motivasi dan hanya mengikuti asal mengikuti saja.

Level kedua adalah pemimpin yang dihormati karena bawahannya suka sama dia. Dia sudah berhasil memenangkan hati bawahannya dengan menunjukkan bahwa dia memperhatikan bawahan dan memimpin dengan kebaikkan. Ini lebih bagus dari yang pertama, karena sekarang bawahannya bersedia untuk dipimpin dan benar-benar senang dengan orangnya. Tapi bila hanya di sini saja, kemajuan dari organisasinya mungkin kurang cepat karena lama kelamaan rasa senang mungkin akan pudar bila hasil perusahaan tidak kelihatan.

Level ketiga adalah pemimpin yang dihormati karena dia pernah menunjukkan hasil yang baik. Seorang sales manager yang dihormati karena dulu dia pernah melipatgandakan profit perusahaan dengan strategi-strategi yang luar biasa, dsb. Level ini lebih mantap lagi karena didukung dengan bukti nyata. Dan banyak pemimpin usaha sekarang diam di level ini karena di sini respek dari karyawan sudah cukup mendukung. Tapi kalau Anda mau lebih berpengaruh lagi, marilah naik ke level 4.

Level keempat, Anda menjadi pemimpin yang dihormati karena Anda pernah mengembangkan pemimpin-pemimpin lain dibawah Anda. Jadi bukan hanya Anda yang hebat, tapi Anda bisa menciptakan orang-orang hebat yang juga bisa memimpin. Di sini komitmen karyawan Anda akan lebih dasyat karena mereka berharap bahwa mereka pun bisa meraih potensi mereka masing-masing dengan bimbingan dari Anda. Karyawan akan menghargai Anda dengan berkata-kata, “Wah, kalau tidak ada ibu ini saya tidak bisa menjadi orang seperti ini… dsb”

Dan terakhir di level 5, adalah seorang pemimpin yang memiliki sebuah kepribadian yang sangat luar biasa. Karena dia hidup selaras dengan prinsip-prinsip yang baik dan penuh pelayanan, karyawan ter-inspirasi dari hidup Anda. Ini tipe kepemimpinan yang memang paling langka tapi kalau Anda bisa mencapainya, Anda mampu mempengaruhi jauh lebih luas dan lebih lama.

Dimanapun Anda berada, pasti ada cara untuk meningkatkan potensi Anda sebagai pemimpin asal Anda mau belajar dan meng-introspeksi diri. Saya harap dengan tips ini Anda akan menjadi pemimpin yang memberikan kontribusi yang luar biasa untuk perusahaan Anda, komunitas dan negara ini.

– 0 –

ActionCOACH South Jakarta business coaches  guide businesses in selecting and implementing effective and cost-efficient marketing strategies to boost results with a proven 17-week guarantee. For more information on business coaching, visit www.actioncoachsouthjakarta.com or  call 021 2567 5775 .

Testimonial

—————————————————————————————————————–

Related Article(s) :

  1. 10 Prinsip Kepemimpinan Brad Sugars
  2. 2 Cara untuk Kehilangan Respek dalam Kepemimpinan

—————————————————————————————————————–

International website : http://www.actioncoach.com

Local website : http://www.actioncoachsouthjakarta.com

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

—————————————————————————————————————–

usiness inspirationsWatch Business Inspirations @ Youtube : Berita Satu

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: