Apakah anda membuat keputusan dengan INTUISI atau dengan FAKTA?

Coach Yunita

Setiap hari anda pasti membuat keputusan dengan kadar kepentingan yang berbeda. Apapun dasar pengambilan keputusan anda saat ini. Anda tentu membuat keputusan dalam kapasitas yang berbeda, seperti:

  1. Individu yang mandiri dimana anda membuat keputusan yang berdampak pada anda sendiri
  2. Individu yang mewakili kelompok anda membuat keputusan untuk kepentingan kelompok, berdampak pada kelompok yang anda wakili, termasuk anda
  3. Individu yang merupakan bagian dari kelompok, dimana anda bersama-sama membuat kesepakatan untuk memilih dari beberapa alternatif, yang telah diberikan oleh setiap orang di kelompok anda. Keputusan dibuat berdasarkan kelebihan dan kekurangan untuk mencapai tujuan, disertai kriteria yang sesuai dengan prioritas, nilai-nilai atau kultur dan aturan yang ada di kelompok tersebut.

Selanjutnya proses membuat keputusan ini dilakukan untuk mengurangi (bukan menghilangkan) resiko. Setiap keputusan pasti dibuat dengan keyakinan, bahwa keputusan tersebut adalah yang terbaik saat keputusan dibuat. Seberapa besar resiko dari sebuah keputusan dapat dikurangi, sangat tergantung pada dasar yang anda gunakan dalam membuat keputusan, seperti:

1. Membuat keputusan berdasarkan Intuisi atau membuat keputusan berdasarkan perasaan hati seringkali bersifat subyektif. Membuat keputusan berdasarkan intuisi dilakukan dalam waktu yang singkat, untuk masalah-masalah yang dampaknya terbatas atau kecil, pada umumnya membuat keputusan bersifat intuisi akan memberikan kepuasan sepihak dan bersifat perasaan.

2. Membuat keputusan berdasarkan Rasional adalah keputusan yang dibuat dengan pertimbangan rasio berfikir dan lebih bersifat objektif. Keputusan yang bersifat rasional berkaitan dengan daya guna pikiran. Masalah–masalah yang dihadapi merupakan masalah yang memerlukan pemecahan rasional, keputusan yang dibuat berdasarkan pertimbangan rasional lebih bersifat objektif dan dapat diukur.

3. Membuat keputusan berdasarkan Pengalaman adalah keputusan yang dibuat berdasarkan pengalaman yang diperoleh sebagai praktisi, sehingga dapat digunakan untuk memperkirakan apa yang menjadi latar belakang masalah dan bagaimana arah penyelesaiannya. Keputusan yang berdasarkan pengalaman sangat bermanfaat bagi pengetahuan praktis di kemudian hari.

4. Membuat keputusan berdasarkan Fakta dasar keputusan yang dibuat adalah data empiris dan fakta nyata sehingga dapat membuat keputusan dengan resiko yang telah diperhitungkan. Istilah fakta perlu dikaitkan dengan istilah data dan informasi. Kumpulan fakta yang telah dikelompokkan secara sistematis dinamakan data. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data. Dengan demikinan, data harus diolah lebih dulu menjadi informasi yang kemudian dijadikan dasar membuat keputusan.

Coach Yunita Business coach an ActionCOACH Business Coaching franchise that guides businesses to increase your business results with a proven 17-week guarantee. For a free business health check, go to www.acsj.co.id

–  Coach Yunita –

ActionCOACH South Jakarta business coaches  guide businesses in selecting and implementing effective and cost-efficient marketing strategies to boost results with a proven 17-week guarantee. For more information on business coaching, visit www.actioncoachsouthjakarta.com or  call 021 2567 5775 .

Testimonial

—————————————————————————————————————–

Related Article(s) :

  1. Anda lebih ingin sukses di 2013?
  2. Seleksi Talenta yang tepat diBisnis Anda
  3. Menarik Talenta yang tepat di BISNIS Anda

—————————————————————————————————————–

International website : http://www.actioncoach.com

Local website : http://www.actioncoachsouthjakarta.com

—————————————————————————————————————–

Follow us : Twitter | Facebook | Youtube

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: